Fitur Pada Android 14

in berita •  last year  (edited)

android14.webp

Google meluncurkan seri Pixel 8 di acara Made by Google pada 4 Oktober 2023. Pada kesempatan yang sama, Google mengumumkan bahwa Pixel 8 dan Pixel 8 Pro akan menjalankan sistem operasi Android 14.

Dikatakan juga bahwa sistem operasi terbaru ini mulai diluncurkan ke perangkat Pixel lain yang didukung, dan akhir tahun ini akan tersedia di ponsel dari Samsung, iQoo, Nothing, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony, Tecno, Vivo dan Xiaomi.

“Mulai hari ini, Android 14 telah hadir dan dilengkapi dengan pembaruan yang membantu Anda menyesuaikan pengalaman perangkat, memberi Anda kontrol lebih besar atas kesehatan dan keselamatan, serta meningkatkan aksesibilitas,” kata Dave Burke, wakil presiden teknik di Android dikutip dari Gadgets Now.

3 Fitur Terbesar yang Ada pada Android 14

Customisation picker yang diperbarui Android 14 akan hadir dengan customisation picker yang diperbarui. Ini memungkinkan pengguna beralih antar wallpaper dengan lebih mudah. Selain itu, pengguna kini dapat menyetel shortcuts lock screen dengan opsi beragam seperti QR reader atau aplikasi Google Home untuk akses cepat ke kontrol yang paling sering digunakan langsung dari lock screen.

Selain itu, ada template lock screen baru untuk font, widget, warna, dan format. Google mengatakan opsi ini juga mengandalkan AI untuk menyesuaikan layar berdasarkan situasi pengguna. Misalnya, jika cuaca sedang buruk, widget cuaca layar kunci Anda akan menjadi lebih menonjol.

Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro juga mendapatkan fitur wallpaper AI generatif yang menggunakan model difusi teks-ke-gambar untuk memungkinkan pengguna membuat wallpaper. Android 14 juga akan hadir dengan tema monokromatik. Android 14 juga mendukung gambar HDR dengan Ultra HDR.

Kontrol lebih besar atas keamanan dan data

Health Connect Google kini disertakan dalam pengaturan Android 14 sebagai cara sentral untuk menyimpan data di satu tempat. Pengguna akan dapat melihat bagaimana data mereka digunakan oleh aplikasi. Android 14 juga akan memberi tahu pengguna saat aplikasi membagikan data lokasi dengan pihak ketiga.

Fitur untuk pengguna berkebutuhan khususAndroid 14 akan hadir dengan magnifier yang ditingkatkan dan lebih intuitif dengan fitur pinch to zoom in dan zoom out dari 100 persen.

Android 14 juga akan memungkinkan pengguna yang mengalami gangguan pendengaran untuk terhubung dan berinteraksi dengan alat bantu dengar, seperti alur penyiapan alat bantu dengar khusus dari pengaturan Aksesibilitas,

“Ini adalah cara mudah untuk mengarahkan audio ke output yang berbeda dan kemampuan untuk mengakses kontrol alat bantu dengar dengan cepat dari shortcut,” kata Google.

Android 14 juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan “Flash notifications” dari pengaturan Aksesibilitas dan Pemberitahuan untuk mendapatkan kilatan flash untuk menandakan pemberitahuan yang masuk.

Fitur lain dari Android 14 termasuk framing otomatis dalam panggilan video, akses sekali ketuk ke kontrol Google Home, peningkatan kinerja, dan banyak lagi.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE BLURT!